Sabtu, 02 Juni 2012

Dakwah Melalui Media ?, Why Not !


Di zaman sekarang ini, peran media hampir tidak pernah lepas dalam kesehariaan kita, baik media cetak ataupun media tronik. Memang media ibarat dua mata uang, ibarat buah simalakama. Semua itu tergantung siapa yang memanfaatkannya, kalau dipakai orang yang baik, ia akan menjadi sarana untuk menabur kebaikan, tetapi jika dikonsumsi oleh orang yang “ belum baik”, maka ia akan digunakan untuk menebar  ketidak baikannya.
Banyak orang yang menggunakan media sebagai sarana bisnis, tetapi Islam menggunakan media sebagai sarana untuk dakwah, menyebarkan nilai – nilai Islam. Sama – sama mempunyai tujuan, hanya yang membedakan adalah lebih ke ideologinya.
Media cetak lebih mendahului perannya sebagai media dakwah, seperti bulletin, majalah Islam, buku – buku Islam dan surat kabar. Namun karena disisi lain media cetak ini banyak terkendala masalah teknis ( biaya cetak, waktu sll), maka seiring waktu media elektronik lebih menonjol perannya, selain tidak ribet dalam urusan cetak mencetak, media elektronik lebih luas jangkauaannya. Sudah banyak acara tv yang menayangkan acara pengajian – pengajian ataupun kesenian Islam.
Media online sekarang sepertinya sudah menjadi satu pilihan dalam berdakwah, dimana setiap orang yang terpanggil untuk menebar kebaikan  akan mencurahkan ide –ide atau pemikiran mereka kedalam suatu tulisan yang bisa di akses setiap orang, tentunya bisa dilakukan  kapanpun dan dimanapun.

Tidak dipungkiri lagi peran media sangat besar dalam konteks “mediator” terhadap “ghozwul fikr” atau perang pemikiran. Perang antara yang batil dengan yang haq begitu kentara, jadi biar yang  haq selalu yang menang, alangkah baiknya bila para aktivis dakwah selain berdakwah secara konvensional juga berdakwah melalui media. Bagi anda suka berpuisi, silahkan tulis puisi yang sarat makna, tentang suatu semangat, atau tentang apa saja yang penting membawa kebaikan, bagi yang suka menulis dan menganalisis, tuangkan pemikiran anda, bagi yang bergelut di dunia broadcasting, silahkan mewarnai dunia anda dengan warna kebaikan, bagi yang suka music, bisa berdakwah lewat music. Masing – masing orang punya kafa’ah atau skill sendiri – sendiri, punya genre yang berbeda. Tetapi yang terpenting adalah kemauan kita untuk menebar kebaikan. Jadi dakwah melalui Media? Why Not!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar