Kamis, 06 Juni 2013

Mengajar itu....wisata hati yang

" Kalau saya sudah stres bu,kalau harus ngurus 17anak playgroup seperti ini", kata salah seorang wali murid saya saat awal tahun pelajaran baru kemarin. Hm....sudah menjadi pertanyaan dan sekaligus pernyataan yang hampir tiap tahun saya dengar dari wali murid. Yeaach... mendengar tangisan, anak ngompul, muntah, berantem dll memang tidak nyaman. Tetapi ingat, kita baru menjalani proses. proses yang sangat paaaanjaaang. " saya kalau ga ngajar malah stres bu", jawab saya mantab.
Mengajar itu menyenangkan, mengajar itu bagi saya wisata hati yang sangat bernutrisi, bervitamin dan bergizi untuk meraih hati yang sehat dan bahagia. Bukan sekedar cari uang, atau status sosial. karena bagi saya status itu ga penting, yang penting bagaimana Alloh memandang kita.
Saya sangat tertarik dengan kata - kata dosen mata kuliah Hadits Tarbawi.  Bahwa mengajar, mendidik itu harus dengan cinta dan kasih sayang. Yupz..betul, harus dengan kasih sayang, artinya tak ada kekerasan didalamnya. Premanisme yang merebak saat ini mungkin karena dulunya ada kesalahan dalam dunia pendidikan. Masih ingat bukan, dulu kalau ada anak yang tidak sesuai dengan aturan langsung disuruh berdiri di depan kelas, atau dilempar dengan penghapus dan lain-lain, pokoknya ga syik banget deh. makanya banyak diantara mereka yang tumbuh menjadi orang (yang kata murid) saya nggak sholih banget loh bu....
satu hati satu cerita. satu kebahagiaan yang saya rasakan, satu kebaikan yang saya lakukan, satu manfaat untuk orang lain, itu standar minimalnya. Tetapi seringnya, Alloh memberikan saya berlebih: banyak kebaikan, banyak manfaat dan banyak kebahagiaan pastinya.
Kalau banyak orang bilang stres karena pekerjaan,oh..tunggu dulu...itu tidak berlaku untuk saya. Ketika saya tulis ini, saya hampir setahun membersamai murid saya. Anak yang satu dengan anak yang lain selalu ada cerita  berkesan. Dan saya dan murid saya pasti tak akan melupakannya. 
Mengajar itu wisata hati. Saat hati suntuk, "galau", saat itu pula akan hilang seketika.
Anda tidak percaya, cobalah mengajar dari hati! Dijamin ketagihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar